Adu Korupsi di ajang Politik

  • Whatsapp
Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bicara cara untuk mengentaskan korupsi di sektor politik. Ada pendekatan berbeda yang bakal dilakukan jika jagoan mereka menang nanti. Jubir TKN Budiman Sudjatmiko mengatakan korupsi politik bisa dicegah dengan peningkatan kualitas parpol. Negara, menurutnya, harus mengambil alih sebagian tanggung jawab peningkatan kualitas parpol itu.  “Pembenahan ekosistem politik di antaranya dalam bentuk meningkatkan kualitas parpol, harus dalam bentuk diaaccessableaffordable bagi setiap orang. Karenanya negara sekarang harus mengambil alih sebagian tanggung jawab kualitas parpol,” ujar jubir TKN Budiman Sujadmitko dalam debat Anti Korupsi The Oxford University, di Hotel Dharmawangsa, Jl Brawijaya, Jakarta Barat, Jumat (5/4/2019).

Atasi Korupsi Politik: TKN Usul Dana Parpol Naik, BPN Mau Reformasi 3 Cara

Eva Safitri – detikNews
Atasi Korupsi Politik: TKN Usul Dana Parpol Naik, BPN Mau Reformasi 3 Cara
Suasana diskusi (Eva Safitri/detikcom) Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bicara cara untuk mengentaskan korupsi di sektor politik. Ada pendekatan berbeda yang bakal dilakukan jika jagoan mereka menang nanti. Jubir TKN Budiman Sudjatmiko mengatakan korupsi politik bisa dicegah dengan peningkatan kualitas parpol. Negara, menurutnya, harus mengambil alih sebagian tanggung jawab peningkatan kualitas parpol itu.  “Pembenahan ekosistem politik di antaranya dalam bentuk meningkatkan kualitas parpol, harus dalam bentuk diaaccessableaffordable bagi setiap orang. Karenanya negara sekarang harus mengambil alih sebagian tanggung jawab kualitas parpol,” ujar jubir TKN Budiman Sujadmitko dalam debat Anti Korupsi The Oxford University, di Hotel Dharmawangsa, Jl Brawijaya, Jakarta Barat, Jumat (5/4/2019).
Baca juga: Debat Menggebu-gebu Jansen Vs Budiman Sudjamiko soal Rekam Jejak Capres
Budiman juga mengatakan negara melakukan investasi kepada parpol. Investasi itu, kata Budiman, berupa menaikkan dana parpol agar parpol tak ditunggangi kepentingan milik personal.  “Negara harus melakukan investasi dalam bentuk anggaran untuk pembiayaan parpol sehingga partai politik sebagai instrumen politik tidak ditunggangi oligarki, tidak dimiliki oleh personal tertentu namun sebagai lembaga politik yang nantinya akan diusulkan untuk dibiayai sebagian oleh negara harus transparan, harus ada akuntabilitas sebagaimana dengan lembaga negara yang lain,” ucapnya.  Sementara itu, Direktur Materi dan Debat BPN Sudirman Said mengatakan korupsi politik dapat dicegah dengan reformasi 3 cara. Adapun yang direformasi, menurut Sudirman, ialah orang-orangnya, struktur, dan budaya.  “Ada dua hal yang kita lakukan, pertama reformasi itu melalui tiga cara, people, structure, dan culture. Tetapi yang paling cepat adalah people karena culture itu memerlukan waktu lama, struktur itu bisa dengan cepat di-outsource tapi, people once you get the best people, maka itu lebih efektif untuk mendorong reformasi,” ujar Sudirman.  Selain itu, eks Menteri ESDM era Jokowi ini mengatakan penempatan orang baik dalam parpol juga penting. Orang baik yang dimaksud tidak hanya cerdas, tapi juga harus memiliki integritas.

Related posts