Membangun Kesadaran Diri

  • Whatsapp

MKC,- Membangun Kesadaran diri dapat dibiasakan melalui beberapa cara pendekatan: yaitu: meditasi, memusatkan perhatian, jadi pendengar yang baik, mengevaluasi diri sendiri, menulis jurnal pribadi dan mendengarkan pendapat orang lain soal bagaimana diri kita.

Kesadaran diri atau dalam kamus ilmiah disebut self awareness ini merupakan kemampuan seseorang dalam memahami kesadaran pikiran, perasaan, dan evaluasi diri sehingga dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, dorongan, dan nilai yang terjadi pada dirinya dan orang lain.

Self awareness adalah suatu kesadaran dalam memahami sifat, perilaku, dan perasaan diri sendiri. Hal ini dapat membawa perubahan yang positif dengan membuat  kita  lebih percaya diri, kreatif, dan dapat berkomunikasi secara efektif.

Membangun kesadaran diri mulai dengan membaca, kegiatan membaca buku, kejadian, tanda-tanda, ataupun isyarat adalah asupan nutrisi, gizi, dan vitamin yang dibutuhkan bila kita ingin menulis. Dari membaca, kita menyerap ‘sesuatu’ yang menggerakkan hati dan pikiran.

Membaca buku membawa kita kepada pengalaman-pengalaman yang lebih dari sekedar menikmati kesenangan belaka: tamasya menyusuri tempat-tempat baru yang menyenangkan, mengenal tokoh dan karakter asing, memahami perilaku absurd manusia, maupun berselancar di samudera kata dan diksi penulis yang mencekam.

Tak setiap orang dapat menikmati kesenangan membaca seperti itu, bahkan tak semua orang mau dan suka menikmati kesenangan serupa itu. Orang mengeluh tak ada perpustakaan, yang ada pun tidak dikunjungi. Orang mengeluh buku mahal, diberi buku pun tak disentuh.

Kesadaran diri yang baik bisa membaca situasi sosial, memahami orang lain, dan mengerti harapan orang lain terhadap dirinya sehingga dapat merefleksi diri, mengamati dan menggali pengalaman, termasuk mengendalikan emosi.

Orang yang memiliki kesadaran diri juga cenderung mengetahui kekuatan dan kelemahannya sendiri, serta dapat melihat suatu peluang dengan baik sehingga kesempatan untuk sukses menjadi lebih besar.

Sementara pendekatan lainya adalah dengan menulis. Seperti menulis jurnal pribadi tentu saja hal ini bisa membantu dalam  mengembangkan kesadaran diri. Di situ membuat anda mengeksplorasi diri karena Anda akan menumpahkan apa yang Anda rasakan atau pikirkan. Ini menjadi cara alam bawah sadar ada berbicara pada diri Anda sendiri, serta mengungkapkan apa yang menjadi masalah atau kelebihan dalam diri.

Manfaat  terhadap kesehatan mental sebagai berikut: Lebih percaya diri dan jarang minder, mampu berkomunikasi dengan efektif, Tidak mudah sakit hati, Lebih kreatif, terbuka dengan segala perbedaan dan karier jadi lebih sukses.

Memiliki kesadaran diri sangatlah penting dalam kehidupan. apalagi jika punya pekerjaan di luar rumah dan berhubungan langsung dengan banyak orang. Sikap ini sangat dibutuhkan agar semua masalah dan di kondisi apapun tetap bisa dihadapi  dengan kepala dingin.

Related posts